Minggu, 03 Maret 2013

Mesin Kecil dengan Tenaga Besar dalam SUV VW Tiguan Terbaru


 Bertempat di Arena Pasar Festifal Ancol, (27/2), PT Garuda Mataram Motor selaku APM brand otomotif VW, meluncurkan New Tiguan untuk pasar Indonesia. Acara bertajuk "Volkswagen Tiguan Day" ini memberi kesempatan bagi para jurnalis dan pelanggan setia VW untuk mencoba kehandalan produk baru VW ini.

Sebelumnya, new Tiguan sudah diperkenalkan pada ajang IIMS 2012 lalu. Saat itu produk ini masih dipersiapkan untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar Indonesia. Andrew Nasuri, CEO PT Garuda Mataram Motor, mengatakan bahwa produk ini merupakan kendaraan handal yang memiliki DNA ketangguhan industri Jerman. Ini sesuai dengan tagline Tiguan yakni "Your German SUV".

Dari sisi desain luar, SUV ini tidak banyak berubah dengan versi lamanya. Grille dengan sentuhan krom dengan 2 garis horizontal membuat pandangan pertama kendaraan ini siap melibas berbagai keadaan jalan. Eksterior dipercantik dengan DRL LED yang menambah kesan mewah. Penerangan sudah menggunakan Bi Xenon dengan dynamic cornering light.

Interior dengan jok high fabric dan dashboard material plastic berwarna gelap membangun nuansa mewah. Tiguan dilengkapi fitur keselamatan bersertifikasi EURO NCAP 5 Bintang dengan 6 airbag untuk pengendara dan penumpang. Luas kabin Tiguan dapat digunakan hingga 1510 liter apabila kursi penumpang belakang dilipat.

Tiguan anyar ini mengusung teknologi berkendara terbaik. Fitur Elctronic Parking Brake with Auto Hold memudahkan pengendara mengaktifkan rem tangan dengan sentuhan tombol. Parking Brake ini otomatis berfungsi sebagai hill climb dan hill decent safety pada saat jalanan menurun atau di tanjakan.

Electornic Stabilisation Programme (ESP) membantu pengemudi mengendalikan kendaraan dalam situasi darurat atau jalanan licin. Driver Alert System dengan sensor yang mendeteksi kelelahan pengemudi akan memberi peringatan apabila pengemudi lelah.

Audio sistem dengan layar sentuh yang terintegrasi pada dashboard memberikan hiburan maksimal dalam perjalanan. Audio sistem ini dapat memutar berbagai pilihan media hiburan yang ada seperti CD, MP3, USB dan sebagai perangkat wireless phone untuk konektifitas.

Start/Stop teknologi yang akan mematikan mesin apabila dalam keadaan berhenti sesaat. Ini membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Namun perhatian utama Carmall justru pada tenaga dan performa mesin kecil Tiguan ini. Mesin 1.4 TSI Twincharged Direct Injection dan transmisi 6-speed DSG (Direct Shift Gearbox) dengan dual clutch luar biasa bertenaga dan menyenangkan. Tenaga 150 dk dengan torsi 240 Nm membuat Tiguan ini mampu menerabas berbagai bentuk halangan yang disiapkan pihak VW untuk test drive para awak media. Carmall merasa mesin kecil ini adalah bintang utama pada acara hari itu.

Tiguan akan dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif. Rp 390 juta untuk tipe Standard dan Rp 420 juta untuk model Highline. Ini menyebabkan Tiguan berada pada kelas yang sama dengan CR-V dan CX-5.

Sebuah pilihan yang menarik hadir untuk konsumen SUV Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar