Minggu, 03 Maret 2013

Hamilton Tercepat, Kimi Raikkonen Sakit

BARCELONA, KOMPAS.com — Lewis Hamilton mengukuhkan diri sebagai pembalap tercepat pada hari ketiga uji coba resmi terakhir pra-musim Formula 1 2013 di Barcelona, Sabtu (2/3//2013). Pembalap Mercedes ini mencatat waktu terbaik 1 menit 20,558 detik, yang membuat dia membukukan rekor tercepat di sirkuit Spanyol itu selama tahun ini.

Hamilton, yang tahun ini melakukan debutnya bersama Mercedes, setelah meninggalkan McLaren akhir musim lalu, mengalahkan pembalap Force India, Adrian Sutil. Juara dunia 2008 ini, yang menggunakan ban Pirelli lunak, unggul 1,069 detik.

Di tiga lap pertama, Hamilton sudah mematok waktu 1 menit 23 detik di trek yang benar-benar kering (sangat kontras dengan yang terjadi pada hari Kamis dan Jumat). Secara perlahan, pembalap Inggris ini semakin mempertajam catatan waktunya untuk menembus 1 menit 20,558 detik saat sesi pagi tersisa lebih dari satu jam.

Posisi ketiga ditempati pembalap Ferrari, Felipe Massa, yang lebih lambat 1,115 detik. Pastor Maldonado, yang mengambil alih mobil Williams dari rekan setimnya, Valtteri Bottas, untuk sesi siang, berada di urutan keempat. Dalam momen ini, Williams untuk pertama kali menggunakan sidepod baru gaya Red Bull.

Pembalap Sauber, Esteban Gutierrez, yang fokus pada pekerjaan aerodinamis, menempati posisi kelima. Dia berada di depan pembalap McLaren yang menggantikan posisi Hamilton, Sergio Perez.

Sesi uji coba ini sempat terhenti dua kali. Pertama, terjadi ketika Giedo van der Garde dari tim Caterham tergelincir di Tikungan 5, dan kedua, ketika Devide Valsecchi dari tim Lotus mengalami masalah di Tikungan 3.

Valsecchi menggantikan posisi Kimi Raikkonen untuk mengendarai E21, setelah pembalap Finlandia tersebut jatuh sakit. Romain Grosjean, yang sudah kembali ke rumah pada Kamis setelah menyelesaikan programnya untuk pra-musim, sedang dalam perjalanan untuk kembali melanjutkan tugasnya.

0 komentar:

Posting Komentar